Jumat, 07 Oktober 2016

Macam-macam Gangguan Tidur Yang Perlu Di Ketahui

Tidur merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, agar kinerja dan performa tubuh tetap optimal saat tubuh sedang terjaga. Selama tidur, tubuh akan membentuk dan meregenerasi sel, mendukung fungsi otak, dan mengisi kembali energi tubuh. Bagi anak dan remaja, tidur dibutuhkan untuk membantu proses tumbuh kembang mereka.

Macam-macam gangguan tidur yang perlu di ketahui |  Mengenal akan penyebab gangguan tidur dan juga jenis-jenis gangguan tidur serta cara mengatasinya memang dibutuhkan bagi kita yang seringkali mengalami bermacam-macam gangguan tidur contohnya insomnia (sulit tidur). Karena memang kebutuhan tidur istirahat perlu dipenuhi dengan baik oleh kita semuanya.

Insomnia atau gangguan tidur biasanya bikin orang jadi stress dan galau bahkan bisa juga berakibat timbulnya Depresi karena hal ini bila dibiarkan terjadi terus menerus dan berkepanjangan akan dapat mengganggu sistem kerja tubuh terutama sistem kekebalan (imun) kita.

Tidur merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, agar kinerja dan performa tubuh tetap optimal saat tubuh sedang terjaga. Selama tidur maka tubuh akan membentuk dan meregenerasi sel, mendukung fungsi otak, dan mengisi kembali energi tubuh. Bagi anak dan remaja, tidur dan berisitirahat dibutuhkan untuk membantu proses tumbuh kembang
mereka.

Gangguan tidur adalah kelainan yang bisa menyebabkan masalah pada pola tidur Anda, baik karena tidak bisa tertidur, sering terbangun pada malam hari, atau ketidakmampuan untuk kembali tidur setelah terbangun. Beberapa dampak yang diakibatkan oleh gangguan tidur adalah:
  • Kelelahan.
  • Merasa lemas.
  • Mudah marah.
  • Sulit untuk konsentrasi di siang hari.

Macam-Macam Gangguan Tidur


  • Hipersomnia

Macam ini adalah merupakan kebalikan dari insomnia, yaitu tidur yang berkelebihan terutama pada siang hari. Gangguan ini dapat disebabkan oleh kondisi tertentu, seperti kerusakan system saraf, gangguan pada hati atau ginjal.

Atau karena gangguan metabolisme (contohnya : hipertiroidisme). Pada kondisi tertentu, hipersomnia dapat digunakan sebagai mekanisme koping untuk menghindari tanggung jawab siang hari.
  • Narkolepsi

Adalah gelombang kantuk yang tak tertahankan yang muncul secara tiba-tiba pada siang hari. Gangguan ini disebut juga sebagai "serangan tidur" atau sleep attack. Penyebab pastinya belum diketahui. Diduga karena kerusakan genetik sistem saraf pusat yang menyebabkan tidak terkendali lainnya periode tidur REM.

Alternatif pencegahannya adalah dengan obat-obatan, seperti contohnya adalah amfetamin atau metilpenidase, hidroklorida, atau dengan antidepresan seperti imipramin hidroklorida.
  • Mendengkur (Mengorok)

Umumnya orang menganggap mendengkur ini adalah hal yang biasa serta lazim terjadi. Padahal ditinjau dalam segi medis kesehatan bahwa mendengkur ini adalah salah satu gangguan tidur yang bisa berakibat fatal, terutama jika sudah mengalami apa yang disebut dengan sleep apnea (henti napas saat tidur).

Karena hal ini bila dibiarkan akan bisa memicu penyakit jantung dan stroke juga. Sleep apnea (henti napas saat tidur) adalah suatu kondisi terhentinya nafas secara periodik pada saat tidur.

Macam gangguan tidur jenis yang satu ini adalah suatu kondisi terhentinya nafas secara periodik pada saat tidur. Kondisi ini diduga terjadi pada orang yang mengorok dengan keras, sering terjaga di malam hari, insomnia, mengatup berlebihan pada siang hari, sakit kepala disiang hari, iritabilitas, atau mengalami perubahan psikologis seperti hipertensi atau aritmia jantung.
  • Mimpi Buruk

Terjadinya gangguan tidur semacam ini pada umumnya sepertiga awal tidur. Dengan gejala tanda gangguan tidur ini tiba-tiba terbangun tengah malam disertai teriakan, menangis ketakutan. Hal ini dikarenakan tidur yang disertai dengan mimpi buruk. Mereka yang sering mengalaminya memiliki kecendrungan untuk mengalami skizofrenia.

Terus kunjungi situs http://obatherbalmeningkatkankualitastidur.blogspot.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya. 


Macam-macam Gangguan Tidur Yang Perlu Di Ketahui

0 komentar:

Posting Komentar